Blogger Pemuja Makanan
Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima
Karena Rasa Tak Pernah Bohong
Home » , , » Merasakan Kuliner Baupiapi di Rumah Makan SulBar

Merasakan Kuliner Baupiapi di Rumah Makan SulBar


Sahabat-sahibit blogger sedunia. Apabila berkunjung ke suatu daerah, maka beragam keunikan akan kita temui yang merupakan ciri khas identitas daerah tersebut, salah satu-nya adalah mencoba kuliner khas atau masakan asli daerah tersebut. Dengan kata lain melakukan wisata kuliner untuk mengetahui identitas khas suatu daerah melalui sel-sel indra pengecap lidah kita.


Dan itulah yang dilakukan oleh Blogger Pemuja Makanan saat tiba di Kota Mamuju, Ibukota Propinsi Sulawesi Barat (19092012). Bersama Pak Yunus dan Pak Will dari Enseval serta Pak Muhammad dari RSP Sulawesi Barat  sebagai tuan rumah, saya menuju ke Rumah Makan SULBAR yang terletak di jalan Cik Ditiro – Kota Mamuju, yang terkenal selalu menyediakan masakan khas asli Mandar. Mandar adalah nama suku yang mendiami Propinsi Sulawesi Barat.

Membutuhkan waktu yang tak begitu lama bagi pramusaji Rumah Makan Sulbar untuk memenuhi pesanan kami dalam waktu sekejap sudah terhidang memenuhi meja tempat kami duduk. Beragam menu ditawarkan, ada ikan goreng, kripik, sayur bening, lalapan, namun yang paling menarik hati adalah kuliner khas Mandar yang namanya Ikan Baupiapi, , berupa ikan masak kuah yang merupakan salah satu kuliner khas yang ada di Propinsi Sulawesi Barat. Ikan yang dijadikan Baupiapi adalah ikan cakalang atau ikan tuna.


Kuliner Ikan Baupiapi

Baupiapi adalah masakan khas mandar yang sangat kaya gizi. Hal ini bisa terasa saat dicicipi, aroma dan cita rasa bahan-bahan yang digunakan mulai dari cabai rawit, merica, garam, minyak kelapa, kunyit, bawang mandar atau bawang merah, serta ikan cakalang atau tuna serta asam manggga-nya terasa menari-nari menelusuri indra perasa di lidah dalam mulutku, hmmm mataku terpejam menikmati sensasinya yang sungguh nikmat.

Kalau diurai satu persatu, maka kandungan gizi yang terdapat dalam Baupiai, antara lain dari cabai rawit diketahui mengandung banyak vitamin C dan Betakaroten atau Provitamin A, juga mengandung mineral kalsium dan fosfor. Kemudian zat Kapsaisin yang membuat cabai rawit terasa pedas ternyata bersifat Stomakik, yaitu dapat meningkatkan nafsu makan serta mampu merangsang produksi Hormon Endorphin untuk membangkitkan sensasi kenikmatan.

Kemudian kunyit diketahui mengandung senyawa kurkuminoid (desmetoksikumin, kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin), minyak asiri, lemak, karbohidrat, vitamin, protein, fosfor, kalium, zat pati, mineral.

Sedangkan pada bawang merah terdapat senyawa sulfur dan quercetin, dalam jejak minyak esensial . Ini adalah antioksidan yang sangat efektif membantu dalam menetralisir radikal bebas ada dalam tubuh manusia. Bawang juga mengandung komponen mineral seperti kalsium , magnesium , natrium , kalium selenium, dan fosfor.

Dari bahan ikan tuna atau ikan cakalang kita ketahui sebagai salah satu komoditas laut, ikan tuna / cakalang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 pada ikan air laut, seperti ikan tuna, adalah 28 kali lebih banyak daripada ikan air tawar.

Dan yang terakhir adalah asam buah mangga. Buah mangga diketahui mengandung kalium. Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke.

Tak lengkap rasanya, bila saya tak menghadirkan resep kuliner ikan Baupiapi ini untuk sahabat-sahibit blogger sedunia. Bila kalian ingin mencobanya, silahkan lihat saja Resep Rahasia-nya di sini yaa !!!
Resep Rahasia Dapur Blogger Pemuja Makanan

Tabe, salama' ki'
Keep Smile, Keep Happy Blogging Always, Mari Ki’ di’
Salam Kuliner :-)

SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar

Tiada kesan tanpa jejak komentar sahabat-sahibit yang menakjubkan :-D