Blogger Pemuja Makanan
Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima
Karena Rasa Tak Pernah Bohong
Home » » Resep Asli Mandar Masakan Ikan Baupiapi

Resep Asli Mandar Masakan Ikan Baupiapi


Kuliner ikan Baupiapi adalah kuliner asli khas Suku Mandar yang ada di seputaran propinsi Sulawesi Barat, yaitu di Kabupaten Polewali, Majene, Mamasa dan Mamuju. Makanan ini sangat terkenal seantero jagat karena rasanya yang gurih, enak dengan cita rasa khas yang sungguh berbeda dengan masakan dari daerah lain, serta benar-benar menggugah selera.


Apa yang membedakan Kuliner Ikan Baupiapi dari masakan lainnya yang pernah Blogger Pemuja Makanan temui dan cicipi di daerah-daerah lainnya. ??

Yang membedakan adalah Cita Rasa Asam yang terdapat pada Masakan Baupiapi tersebut. Bila selama ini cita rasa asam yang saya temui pada masakan-masakan daerah lain diperoleh dari jeruk nipis, ataupun jeruk lemon maupun cuka , namun tidak demikian dengan masyarakat Mandar yang berdiam di propinsi Sulawesi Barat, mereka menggunakan mangga muda sebagai bahan untuk memperoleh cita rasa asam tersebut, dan dikenal dengan nama Asam Buah Mangga atau Asam Mangga

Bagi masyarakat suku Mandar, asam mangga mempunyai rasa asam alami yang tidak terlalu tajam, bila dibandingkan jeruk maupun cuka. Namun rasa asam ini lebih kuat bila dibandingkan dengan asam jawa. Proses pembuatan cita rasa asam ini, sebelumnya mangga muda dikupas terlebih dahulu kemudian dijemur selama beberapa hari hingga kering dan warnanya berubah. Seusai dijemur selama beberapa hari dan mangga telah berubah menjadi warna hitam kecokelatan maka olahan mangganya barulah bisa digunakan. Mangga tidak bisa lagi dimakan begitu saja setelah mengalami proses penjemuran, dan hanya bisa digunakan sebagai pelengkap atau bumbu masak.

Berikut ini Blogger Pemuja Makanan coba sajikan Resep Asli Mandar Masakan Ikan Baupiapi, nach silahkan sahabat-sahibit blogger se-dunia mempraktekkan dan selamat mencobanya.



Bumbu yang disediakan :

- Cabai rawit sesuai selera
- Irisan bawang Mandar / bawang merah
- Asam mangga
- Merica secukupnya
- Garam secukupnya
- Minyak Mandar / minyak kelapa
- Kunyit (dihaluskan)
- Ikan Cakalang atau ikan Tuna yang akan dimasak

Alat untuk memasak : Kawali (wajan dari tanah liat)

Cara Memasak Baupiapi :

- Haluskan merica, cabe rawit dan garam
- Cuci bersih asam mangga dan sisihkan airnya
- Campur bumbu yang sudah dihaluskan dengan kunyit, minyak kelapa, irisan bawang mandar dan asam mangga, kemudian diremas-remas lalu sisihkan
- Potong-potong ikan Cakalang / Ikan Tuna sesuai selera, lalu dicuci bersih - Cucian terakhir ikan dicuci dengan air cucian asam mangga yang disisihkan (untuk mengurangi bau amis pada ikan)
- Masukkan ikan kedalam kawali
- Lumuri ikan dengan campuran bumbu minimal 30 detik (agar bumbu lebih meresap dah hasil masakan lebih gurih)
- Tambahkan air (tinggi air serata dengan ikan)
- Kemudian masak dengan api sedang
- Sisakan air sedikit saja untuk kuah
- Untuk menambah rasa gurih Baupiapi, tambahkan minyak Mandar/ Minyak kelapa sampai sendok makan kedalam masakan.

Paling nikmat bila hidangkan dengan nasi, singkong rebus,atau Jepa (roti ubi tradisional khas suku Mandar)

Bila sahabat-sahibit blogger se-dunia ingin mengetahui kisah seru dibalik menikmati kuliner Baupiapi di Tanah Mandar, silahkah klik saja di sini http://pemujamakanan.blogspot.com/2016/01/merasakan-kuliner-baupiapi-di-rumah-makan-sulbar.html

Tabe, salama’ ki’
Keep Smile, Keep Happy Blogging Always, Mari Ki’ di’
Salam Kuliner :-)

SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar

Tiada kesan tanpa jejak komentar sahabat-sahibit yang menakjubkan :-D