Blogger Pemuja Makanan
Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima
Karena Rasa Tak Pernah Bohong
Home » , , , » Ayam Taliwang Rumah Makan Taliwang Kania Lombok

Ayam Taliwang Rumah Makan Taliwang Kania Lombok


Jalan-jalan berwisata ke Pulau Lombok - Provinsi Nusa Tenggara Barat, rasa-rasanya kurang sreg bila tidak melakukan wisata kuliner khas asli Pulau Lombok. Kalau bicara soal kuliner, tentunya tidak luput dari bicara soal cita rasa yang bisa membuatsensasi lidah bergoyang.


Demi memenuhi hasrat untuk berwisata kuliner sambil bergoyang lidah, akhirnya saya sebagai Blogger Pemuja Makanan dan istriku Wieka Wintari, serta Bang Kimas dan istrinya "Kak Elly", ikutserta pula kedua anaknya Denis dan Adel, malam itu (13012013) segera meluncur menuju Jalan Panca Usaha di Cakranegara Kota Mataram - Lombok.

Tujuannya hanya satu yaitu mengunjungi Rumah Makan yang sudah terkenal seantero jagat karena menjual Ayam Taliwang, kuliner khas Pulau Lombok, dan rumah makan itu adalah Rumah Makan Taliwang Kania atau Rumah Makan Kania.

Sebenarnya di Kota Mataram - Lombok ini terdapat banyak sekali rumah makan atau restoran yang menjadikan Masakan Ayam Taliwang Citarasa Khas Lombok sebagai menu andalannya. Namun konon kabarnya Rumah Makan Kania ini adalah salah satu rumah makan terbaik dalam soal cita rasa dan penyajian dan juga tempat yang bersih dan layak. Disamping itu pemiliknya adalah orang asli asalKampung Karang Taliwang, salah satu desa yang terletak di Cakranegara Kota Mataram - Lombok, tempat makanan ini berasal sehingga dinamakan Masakan Ayam Taliwang Jadi klop-lah kalau memang begitu.

Memasuki Rumah Makan Taliwang Kania, kita akan berhadapan dengan suasana dan dekorasi ruangan yang sangat unik. Meja-mejanya bergaya lesehan, namun bentuknya tidak seperti lesehan yang biasa saya dapati. Karena struktur bangunan mirip pendopo yang dijadikan lesehan itu agak tinggi, seukuran perut orang dewasa, sehingga harus agak memanjat kalau mau naik dan duduk dalam pendopo tersebut.

Lampu-lampu yang ada sinarnya agak temaram, namun cukup jelas buat melihat pengunjung satu sama lain, apalagi buat melihat sajian menu yang bakalan di hidangkan.

Di sekitar nya terdapat beberapa tempat untuk mencuci tangan yang juga cukup unik, karena modelnya berbentuk guci dan memiliki keran yang akan mengalirkan air saat hendak mencuci tangan. Antik juga modelnya.



Masakan Ayam Taliwang Citarasa Khas Lombok ini sudah menjadi salah satu Ikon Kuliner Popular Pulau Lombok, hingga ada satu pameo yang mengatakan kalau sudah berkunjung ke Pulau Lombok tapi belum mencoba menu Ayam Taliwang, sama saja artinya belum menginjak Pulau Lombok yang sebenarnya. Kok sampai segitunya ya ??? Sebagai Blogger Pemuja Makanan saya jadi penasaran, apa sich sebenarnya kehebatan cita rasa menu Ayam Taliwang ini, sampai-sampai muncul pameo itu.

Makan ayam taliwang itu paling enak bila ditemani dengan Plecing Kangkung, yang kangkung nya Nampak gede banget, beda dengan kangkung yang ada di Makassar. Selain ayam taliwang, ada juga menu lain di rumah makan ini, seperti ikan gurami, namun kelihatan-nya semua lebih cenderung memesan ayam taliwang untuk mengisi perut malam ini.

Ayam taliwang sedikit berbeda proses pembuatannya dari kebanyakan kuliner daging ayam lainnya,.biasanya sich daging ayam taliwang digoreng terlebih dahulu kemudian akhirnya dibakar.dengan bumbu yang berasal dari berbagai rempah-rempah. Dan juga, ayam taliwang disajikan dengan bumbu yang terpisah.

Dan ini dia, akhirnya ayam taliwang dengan kangkung plecing tersaji di hadapan kami. Dari tampilannya, sepertinya rasa-rasanya cukup menggoda iman nich.

Kuliner Ayam Taliwang Rumah Makan Taliwang Kania ini terbuat dari ayam kampung yang masih muda yang berusia sekitar tiga atau lima bulan, jadi jangan heran kalau mendapatkan penampilan ayamnya sangat kecil. Tapi itulah salah satu rahasia kelezatan Masakan Ayam Taliwang, sebab daging ayam-nya sangatlah empuk sehingga resep bumbu rahasia Ayam Taliwang mudah mresap dalam daging ayam yang masih muda tersebut, sehingga rasanya yang lezat dan gurih terasa hingga ke tulang belulang-nya.

Ayam Taliwang dan Sambal-nya


Kami memesan dua jenis rasa menu Ayam Taliwang, yaitu rasa pedas dan rasa natural alias tidak terlalu pedas. Namun setelah membaca bismillah dan kemudian mencicipi kedua-duanya ternyata memiliki rasa pedas yang berbeda namun tidak membakar lidah, nikmat dan menimbulkan perasaan ingin selalu menambah porsi masakan Ayam Taliwang.

Apalagi saat sambal-nya juga ikut masuk ke mulut, sudah pedas, tambah sambal lagi, jadi tambah pedas, tapi kok rasanya semakin nikmat saja ya. Terasa benar racikan cabe rawit dan cabe merah di ujung lidahku, lalu ada juga aroma bawang putih dan bawang merahnya. Belum lagi terasi, kencur dan gula merahserta sedikit rasa asin dari garam dan sedikit asam limau yang melengkapi rasa pedas namun nikmat itu.

Hmm kalau keterusan bisa-bisa tinggal terus di Pulau Lombok ini hanya demi mencicipi masakan Ayam Taliwang yang super nikmat. Belum lagi Plecing Kangkung-nya, tekstur kangkung Pulau Lombok yang lembut disajikan dengan kacang tanah, tauge dan parutan kelapa bakar bercampur ulekan sambal terasi sungguh menggugah selera makan, apalagi kalau makannya beramai-ramai, semakin lahap-lah jadinya menyantap semua menu yang dihidangkan.

Selain itu ada lagi disajikan sambal Beberok yaitu sambal yang terbuat dari campuran terong bulat , kacang panjang , dan tomat serta cabai rawit yang dirajang, yang rasanya jangan ditanyakan lagi, pastinya pedes-pedes asem bin kecut ikut hadir di rongga mulutku hingga kerongkongan. Wuaaahh pokoknya komplit dach rasa pedas yang menggoda iman ini...sssshhhh ssshhhhh...airrr,,,mana airrrr.


Plecing Kangkung

Sambel Beberok

Keringat sudah bercucuran mengalir membasahi wajah dan tubuh karena kepedasan. Namun rasa Masakan Ayam Taliwang Pedas Pedas Nikmat tetap saja menggoda selera. Meskipun demikian ,mengingat nasihat orang tua agar makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang, maka kami-pun menghentikan untuk menyantap makanan yang tersaji di meja saat perut mulai akan terasa kenyang, meskipun masih banyak makanan yang belum dihabiskan…Alhamdulillah.

Dan menu yang belum dihabiskan , kami minta pelayan-nya untuk dibungkus buat dibawa pulang, untuk jatah sarapan pagi.

Bagi sahabat-sahibit blogger sedunia yang pingin mencoba kuliner ayam taliwang, kalau ke pulau Lombok, jangan lupa untuk mampir di sini yaa. Dan bagi kalian yang sangat penasaran ingin mencobanya, saya akan coba sajikan Resep Rahasia Dapur Asli Ayam Taliwang Khas Pulau Lombok, yang bisa kalian lihat dan baca di sini !!!
Resep Rahasia Dapur Blogger Pemuja Makanan

Rumah Makan Ayam Taliwang Kania
JL. Panca Usaha, Cakra Negara - Lombok Nusa Tenggara Barat
Telepon 0370 - 625547

Tabe’ salama’ ki’
Keep Smile, Keep Happy Blogging Always, mari ki’ di’…salam kuliner :-)
SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar

Tiada kesan tanpa jejak komentar sahabat-sahibit yang menakjubkan :-D